Penyebab Benjolan di Ketiak Saat Menyusui

Munculnya benjolan di ketiak pada saat menyusui sering kali membuat ibu khawatir. Karena pasalnya, adanya benjolan di ketiak sering dihubungkan dengan kanker payudara. Meski bukan sepenuhnya karena kanker, berikut penyebab benjolan di ketiak saat menyusui!

Table of Contents

Saluran Air Susu yang Tersumbat

Mengalami benjolan pada ketiak dan belum pernah dialami sebelumnya, sebaiknya anda tidak perlu cemas. Karena bukan sepenuhnya penyakit kanker. Payudara memiliki jaringan hingga ketiak.

Sehingga bisa jadi benjolan tersebut disebabkan karena adanya air susu yang tersumbat. Air susu tersumbat yang seharusnya ke payudara bisa saja menyalur ke ketiak. Hal ini dikarenakan jaringan payudara yang sampai ketiak.

Infeksi Saluran Air Susu

Penyebab lainnya kenapa benjolan di ketiak muncul pada masa menyusui bisa saja karena anda terkena masitis. Masitis adalah infeksi saluran air susu. Di mana infeksi ini dapat sebabkan peradangan hingga penebalan jaringan payudara.

Sehingga kerap kali timbul rasa nyeri. Karena bukan hanya peradangan ada penebalan jaringan payudara saja. Benjolan di ketiak juga membuat anda tidak nyaman.

Mengalami Pembengkakan Payudara

Secara alamiah, payudara ibu pasca melahirkan akan menghasilkan susu. Suatu kondisi benjolan pada ketiak bisa jadi karena air susu ibu di dalam payudara sudah terlalu penuh.

Karena air susu ibu sudah penuh, maka tidak mungkin tidak terjadi pembengkakan payudara. Pembengkakan payudara bisa menjalar ke area ketiak. Dan umumnya terjadi karena ASI belum diberikan kepada bayi.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening dan Kista

Masih seputar benjolan yang meluas ke area ketiak, selain disebabkan karena air susu ibu, bisa jadi karena pembengkakan kelenjar getah bening. Pembengkakan yang satu ini bukan berkaitan dengan air susu, melainkan payudara.

Rasa nyeri dari pembengkakan kelenjar getah bening bisa menyerupai kondisi masitis. Di mana benjolan tersebut bisa bertambah besar, baik lunak maupun bengkak di saat kondisi tak terduga.

Sementara penyebab lainnya bisa jadi karena kista. Kista merupakan benjolan yang muncul di payudara atau area ketiak. Umumnya benjolan ini bertekstur lembut dan lunak. Untuk jenis kista tidak ganas mampu hilang dengan sendirinya.

Scroll to Top