Bagi seluruh umat muslim membaca doa pujian adalah hal yang dilakukan setiap hari. Salah satu doa yang sering dibaca adalah sholawat. Dari bahasa doa ini memiliki arti sebagai kemuliaan, keberkahan, kesejahteraan, dan juga ibadah. Namun jika dilihat dari istilahnya doa tersebut merupakan sebuah doa ataupun pujian untuk nabi sebagai bagian dari ibadah kepada Allah SWT. Punjian ini sendiri dibedakan menjadi beberapa macam.

Bentuk bacaan satu ini dibagi menjadi tiga macam yakni bacaan dari Allah merupakan pemberian rahmat dan juga kemuliaan. Sedangkan bacaan dari malaikat adalah memohon ampunan. Bacaan doa terakhir adalah dari umat manusia  sebagai doa untuk Nabi Muhammad SAW agar dilimpahi rahmat serta kemuliaan. Berbagai macam bentuk doa tersebut bisa dijadikan sebagai amalan setiap umat manusia di dunia. Bagi para umat muslim sangat penting untuk mengenal amalan doa tersebut.

Dadil Membaca Sholawat Nabi

Adanya doa untuk nabi sangat penting untuk dibaca maupun diucapkan setiap hari. Doa nabi merupakan syafaat dimana semua ulama telah menyutujui bahwa doa nabi tidak akan pernah ditolak Allah SWT. Hukum terkait bacaan doa tersebut juga diperjelas di dalam sebuah dalil sehingga bisa dijadikan sebagai dasar hukum membaca doa tersebut.

Berbagai manfaat membaca doa satu ini sangat baik untuk kehidupan manusia. Doa tersebut bisa dijadikan rangka memenuhi perintah yang diberikan Allah SWT. Bershalawat juga bisa dijadikan sebagai jalan mengangkat derajat dan menghapuskan segala kejelekan yang dimiliki diri sendiri. Selain itu bershalawat menjadi cara untuk mengharap terkabulkannya doa ditutup dengan membaca doa.

Manfaat lain dari bershalawat yaitu mampu membuat diri menjadi lebih tenang tidak sedih. Sesuatu hal akan berjalan dengan lebih baik ketika diiringi dengan bershalawat nabi tersebut. Ada enam cara bershalawat yang bisa anda amalkan dalam kehidupan anda. Enam bacaan tersebut memiliki bacaan serta arti yang berbeda.

Enam Macam Sholawat

Membaca bacaan doa ini memang sangat baik untuk seluruh umat muslim. Selain berusaha untuk mendapatkan hasil yang baik tidak salah jika ditambah dengan doa. Bershalawat juga merupakan bagian dari doa yang memudahkan doa menjadi terkabul. Pelajari setiap macam bacaan doa yang ada untuk menambah keimanan anda.

Ada enam bentuk doa yang bisa anda baca setiap harinya. Enam macam doa tersebut dibedakan menjadi Shalawat Fatih, Shalawat Nariyah, Shalawat Matsurah, Shalawat Mukafaah, Shalawat Ibrahimiyah, dan Shalawat Nur Al-Anwar. Jika diperhatikan dari enam macam bacaan tersebut setiap doa memiliki bacaan yang berbeda. Pilih bacaan doa sesuai dengan kebutuhan anda. Membaca doa bershalawat bisa anda jadikan sebagai cara mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan jalan yang tepat dan mendapatkan ridhonya.

By Kayla