Apa Itu Tepung Sukun dan Apa Kegunaannya?

Buah sukun yang tumbuh di pohon dengan mampu mencapai tingkat ketinggian 30 meter ini pada dasarnya apabila masuk ke dalam tanaman yang dibudidayakan maka hanya akan mencapai ketinggian 8-15 meter saja loh guys. Buahnya yang memiliki sedikit sekali kandungan rasa manisnya ini dan memiliki karbohidrat yang tinggi ternyata membuatnya mampu diolah sebagai tepung.

1) Sekilas Mengenai Tepung Sukun

Pemanfaatan buah sukun sebagai buah yang diolah menjadi tepung pada dasarnya sudah ada sejak lama loh! Di Haiti, Hawai, dan negara-negara tertentu lainnya buah sukun ini justru malah dijadikan sebagai bahan pembuatan makanan ringan. Dibuatnya buah sukun sebagai tepung karena memungkinkan kandungan karbohidratnya yang mencapai 75%.

Selain itu, kandungan lain dalam buah sukun yang berupa vitamin, mineral dan juga beberapa kandungan lainnya seperti magnesium, kalium, kalsium, menjadikan tepung buah sukun sangat bermanfaat sekali sebagai pengganti dari tepung terigu itu sendiri. Maka saat membuat kue pun anda dapat meminimalisir penggunaan tepung terigu berlebih.

2) Kandungan Buah Sukun

Buah sukun memiliki beragam sekali kandungan yang terdapat di dalamnya. Seperti halnya kandungan mineral dan vitamin yang jauh lebih lengkap. Namun, meskipun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan beras, kalorinya tetap rendah kok. Maka buah sukun masuk ke dalam buah yang sangat aman dikonsumsi saat sedang diet.

Kandungan lainnya yang terdapat dalam buah sukun adalah kandungan fosfornya. Kandungan fosfor ini mampu membuat cairan dalam tubuh tetap terjaga dan juga mampu berperan dalam pelepasan energi karbohidrat. Selain daripada itu, buah sukun pun memiliki kandungan omega-3 dan omega-6 yang sangat bagus untuk kesehatan kulit dan rambut loh!

Pembuatan tepung sukun ini sejatinya tidak melulu sangatlah mudah. Terkadang, beberapa hal harus diantisipasi sedini mungkin. Seperti halnya timbul warna coklat pada tepung. Padahal kan layaknya tepung berwarna putih, bukan? Maka untuk mengatasi hal iniĀ  usahakan buah sukun yang akan diolah memiliki sedikit saja kontak dengan udara bebas.

 

 

Scroll to Top