Beras merah sama seperti beras putih yang menjadi makanan pokok di negara Indonesia. Beras merah maupun beras putih sama-sama diolah menjadi nasi dan menjadi sumber karbohidrat yang sangat penting untuk dikonsumsi oleh manusia. Kebanyakan dari para masyarakat lebih sering mengkonsumsi nasi putih dibandingkan dengan beras merah.

Cara Masak Bubur Beras Merah Agar Enak dan Pulen

Pixabay.com

Tahukah Anda? Bahwa mengkonsumsi beras merah jauh lebih menyehatkan karena beras merah tidak mengalami proses penggilingan secara penuh. Rasanya memang hambar dan cenderung keras jika dibandingkan dengan beras putih. Padahal kandungan di dalam beras merah kaya vitamin B kompleks, serat dan juga antioksidan yang tinggi.

Walaupun dari segi rasanya tidak seenak seperti nasi putih, namun Anda tetap bisa melakukan trik supaya beras merah yang Anda masak terasa pulen dan enak. Berikut ini cara membuat bubur beras merah agar enak dan pulen:

  1. Masak Menggunakan Rice Cooker

Supaya beras merah yang Anda masak terasa pulen dan enak, maka Anda dapat menggunakan rice cooker. Alat memasak nasi ini tidak hanya praktis, namun juga dapat menghasilkan nasi agar terasa enak dan pulen. Langkah-langkahnya yaitu:

  • Silahkan mencuci beras merah seperti saat mencuci beras putih.
  • Setelah itu tiriskan.
  • Silahkan masukkan beras merah dalam panci rice cooker, kemudian tambahkan air perbandingan 1 kg beras merah yaitu 1 setengah cup air.
  • Kemudian rendam beras merah dalam air kurang lebihnya selama 30 menit supaya beras pulen, lembut dan cepat matang.
  • Anda dapat menambahkan sdt garam supaya memberikan rasa gurih lalu hidupkan rice cooker dengan mode cooking.
  • Tunggu sampai matang.
  • Sebelum membuka rice cooker, apabila sudah matang biarkan 10 hingga 30 menit terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya nasi lebih melekat.
  • Agar tidak menggumpal, maka Anda dapat mengaduk nasi sebelum dimakan.
  1. Campur dengan Beras Putih

Ternyata Anda juga dapat mencampurkan beras merah dengan beras putih supaya hasilnya lebih pulen dan enak. Untuk cara memasaknya yaitu:

  • Silahkan mencuci beras sampai bersih.
  • Lalu masak nasi putih yang sudah dicampur dengan beras merah ke dalam rice cooker. Caranya sama seperti saat Anda memasak nasi putih.
  • Lakukan cara yang pertama, yaitu dengan menambahkan garam supaya memberikan rasa yang sedikit gurih dan pulen.
  • Untuk perbandingannya dapat disesuaikan dengan selera, akan tetapi akan lebih baik apabila pencampuran beras putih lebih sedikit dibandingkan dengan beras merah supaya manfaat dari beras merah lebih dapat di rasakan khasiatnya.
  1. Perhatikan Kualitas Beras Merah

Supaya Anda dapat menemukan beras merah yang pulen dan empuk, maka Anda harus memperhatikan dari segi kualitasnya. Hal ini akan sangat membantu Anda supaya bisa mendapatkan hasil masakan yang mengembang ketika memasak dan nasi juga menjadi lebih pulen.

  1. Rendam Beras Merah Terlebih Dahulu

Cara membuat bubur beras merah agar lebih empuk dan pulen, maka Anda dapat merendam beras merah terlebih dahulu sebelum memasaknya. Untuk waktu perendaman kurang lebih selama 30 menit. Hal ini bertujuan supaya tekstur dari beras merah menjadi mudah mengembang ketika dimasak dan menjadi lebih lunak, sehingga saat sudah matang tidak akan terasa keras.

  1. Bersihkan Beras Merah

Dalam pembilasan beras merah maka harus dilakukan dengan benar-benar bersih melalui air bersih yang mengalir. Saat pembilasan memang disarankan hingga bersih, namun tidak diperkenankan apabila terlalu banyak membilas beras merah. Hal ini justru akan menghilangkan vitamin ,serat, maupun mineral yang ada di dalam kandungan beras merah.

  1. Perbandingan Air dan Beras

Untuk perbandingan antara air dan beras harus benar-benar diperhatikan. Beras merah memang mempunyai tekstur yang keras jika dibandingkan dengan beras putih. Sehingga tidak mengherankan apabila cara memasak beras merah agar menjadi bubur yang pulen membutuhkan air yang lebih banyak.

Manfaat Bubur Beras Merah

Pixabay.com

Beras merah adalah gandum utuh yang tidak diolah dan tidak di dimurnikan, sehingga kandungan kalori yang dimilikinya lebih rendah dan nilai gizinya juga tinggi. Hal tersebutlah yang menjadikan nasi merah memberikan banyak manfaat, khususnya bagi kesehatan. Berikut ini manfaat apabila diri seseorang lebih sering mengkonsumsi beras merah, di antaranya:

  1. Mengontrol Diabetes

Makanan indeks glikemik yang rendah berarti bahwa beras dicerna lebih lambat, sehingga berdampak pada gula darah. Untuk mengontrol diabetes, khususnya diabetes tipe2 maka diri seseorang disarankan untuk mengkonsumsi beras merah.

  1. Meningkatkan Pencernaan

Pencernaan seseorang yang lebih sering mengkonsumsi beras merah ternyata bisa mengatur pergerakan usus, karena beras merah mempunyai kandungan serat yang tinggi. Sementara lapisan dedak yang terdapat pada beras merah bisa meningkatkan pencernaan sekaligus membantu pergerakan usus dengan baik.

  1. Menurunkan Berat Badan

Berat badan bisa diturunkan lebih mudah dengan cara mengganti nasi putih dengan nasi merah. Selain itu nasi merah juga dapat membantu perut supaya lebih kencang. Diri seseorang yang lebih banyak mengkonsumsi biji-bijian cenderung mempunyai berat badan yang lebih rendah secara konsisten. Dibandingkan dengan tinggi seseorang yang mengkonsumsi biji bijian lebih sedikit.

Beras merah memang menjadi makanan yang paling sehat dan paling sempurna, khususnya bagi orang yang sensitif terhadap kandungan gluten. Gluten adalah protein yang ditemukan pada biji-bijian, misalnya seperti gandum. Bagi orang dewasa mengkonsumsi beras merah disarankan setengah cangkir sampai 1 cangkir untuk setiap harinya. Selain beras merah, bisa juga mengkonsumsi bubur organik.

By Kayla