Sebelum melangkah jauh seperti mengkonversi pengunjung sebagai pembeli, Anda memiliki PR utama. Pekerjaan paling awal ialah menampilkan situs di halaman pencarian. Jika website telah tampil, Anda bisa menerapkan strategi lanjutan. Pertanyaannya adalah bagaimana cara agar website muncul di Google?

Website sebenarnya  akan muncul di halaman pencarian secara otomatis. Dengan catatan bahwa website ini dirayapi oleh mesin pencari. Tetapi, terkadang perayapan ini membutuhkan waktu sehingga diperlukan sebuah cara untuk mendukung tujuan tersebut.

Cara ini hanya sebatas untuk memberikan signal bagi mesin pencari. Ketika mesin pencari telah merayapinya, website akan tampil dengan segera. Bahkan beberapa kasus menyebutkan jika website akan tampil dalam hitungan menit.

Cara Kerja Mesin Pencari Google

Google sudah menyediakan sebuah mesin pencari. Mesin ini bertugas untuk merayapi setiap situs. Istilah perayapan ini dikenal dengan sebutan index. Situs akan dirayapi secara rutin jika situs memiliki loading cepat dan sering update konten. Untuk kecepatan situs, Anda bisa gunakan layanan di hosting Indonesa.

Secara umum, index google ini bekerja dengan mengambil informasi dari sebuah situs. Informasi ini dikumpulkan, nantinya akan dimunculkan ke halaman pencarian.

Informasi ini akan di komparasi antar website dengan kata kunci yang serupa. Setelah itu, mesin pencari akan memberikan peringkat berdasarkan nilai yang diberikan. Jadinya, website dengan skor bagus akan berpotensi untuk menduduki peringkat pertama di halaman pencarian.

Sebagai pemilik website baru, fokuslah pada bagaimana mengoptimasi mesin pencari. Optimasi ini sangat dibutuhkan untuk mengundang mesin pencari ke situs. Ketika mesin ini mulai berkunjung dan melakukan perayapan, situs tentunya akan muncul di Google.

Mengenai optimasinya, tentunya ada banyak hal yang perlu dilakukan. Secara sederhana, optimasi ini terbagi menjadi dua. Yakni optimasi On Page dan Off Page.

Optimasi yang sebenarnya dibutuhkan oleh pemilik website baru hanyalah On Page. Salah satunya dengan menciptakan konten original dengan kata kunci terfokus.

Kata kunci nantinya disebar ke dalam artikel secara struktrural. Kemudian, keyword perlu diletakkan pada judul, url, meta description hingga ALT Tag pada gambar. Dengan begitu, mesin pencari akan tertarik untuk merayapi hingga memberikan skor bagus.

Cara Memunculkan Website di Google

Sebenarnya, optimasi mesin pencari sudah cukup. Tetapi, terkadang hasilnya tidak instan. Artinya, Anda perlu menunggu waktu hingga website ataupun konten dirayapi dan dimunculkan di halaman pencarian.

Beruntungnya, Anda bisa mengakalinya dengan cara yang aman. Mengenai cara agar website muncul di Google ini, Anda bisa memanfaatkan webmaster tools. Mengenai langkahnya bisa dilihat di bawah.

  1. Hubungkan Situs dengan Webmaster Tools

Langkah pertamanya ialah dengan daftar webmaster tools. Cara registrasinya menggunakan alamat email yang aktif. Kemudian cukup masukkan alamat situs ke kolom pendaftaran sesuai yang tertera.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencari tutorialnya di internet. Tetapi yang pasti, Anda hanya perlu memasukkan alamat situs ke dalam webmaster. Lantas melakukan konfirmasi atas kepemilikan situs di sana.

  1. Buat Peta Situs/Sitemap di Webmaster Tools

Setelah Anda mengklaim kepemilikan situs di webmaster, langkah selanjutnya ialah membuat peta situs atau sitemap. Ini dilakukan supaya mesin pencari bisa mengetahui apa saja yang terdapat dalam situs.

Contoh pembuatannya ialah dengan memasukkan atom.xml pada menu sitemap. Atau, Anda bisa menggunakan bahasa sitemap lainnya. Yang terpenting, peta situs ini berhasil dikirimkan.

  1. Melakukan Index Google

Langkah ketiga ini sangat menentukan apakah website atau artikel baru siap untuk ditampilkan atau tidak. Yakni dengan index url website dengan bantuan fitur di webmaster tools.

Caranya dengan memanfaatkan fitur inspeksi halaman. Di sini, Anda cukup masukkan url website ataupun url dari sebuah artikel. Lantas tekan enter untuk melakukan pemeriksaan.

Jika hasilnya menampilkan bahwa situs sudah di Google, Anda tidak perlu melakukannya lagi. Karena situs sebenarnya sudah muncul. Hanya saja tidak berada di halaman pertama.

Sebaliknya jika menampilkan hasil belum ditemukan, solusinya ialah dengan menekan menu minta pengindeksan. Tunggulah hingga prosesnya selesai.

Setelah proses pengindeksan berakhir, Anda tinggal tekan OK. Hasil yang ditampilkan pada menu tersebut berupa tulisan Minta Lagi. Ini menandakan bahwa situs sudah mulai di index Google.

Untuk memastikannya, berikan jeda sekitar 5-10 menit. Kemudian periksa apakah artikel atau website memang sudah muncul di Google atau belum. Caranya cukup dengan mengetik site:alamatsitus di kolom pencarian Google. Jika halaman artikel yang di index telah muncul, berarti artikel sudah ditemukan di Google.

Demikianlah ulasan mengenai cara agar website muncul di Google. Hindari menggunakan cara di atas terlalu sering supaya tidak dipandang pelanggaran. Akan lebih baik jika cara ini dilakukan setiap minggu. Sisanya, biarkan mesin pencari datang sendiri.

By Kayla