Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Yang Kerap Dialami Wanita

Fenomena rambut rontok merupakan permasalahan yang kerap dialami banyak orang. Rambut rontok bisa terjadi pada siapa saja tidak memandang usia, baik itu anak-anak atupun orang dewasa. Rambut rontok pada orang dewasa dan lansia dinilai lebih merugikan dibandingkan rambut rontok pada anak-anak karena kepala mereka lama-kelamaan bisa menjadi botak, hal ini diakibatkan kearena pertumbuhan rambut orang tua tidak secepat rambut anak-anak atau usia muda pada umumnya. Sebelum kita banyak berbicara tentang rambut ronrok dan solusi penyembuhannya, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu mengenai faktir penyebab terjadinya rambut rontok. Adapun di bawah ini ialah beberapa diantaranya:

Faktor Penyebab Rambut Rontok

Faktor penyebab terjadinya rambut rontok sangat penting untuk kita ketahui sebagai salah satu cara antisipasi. Kondisi rambut rontok pada dasarnya merupakan fenomena yang wajar dan umum terjadi, namun jika jumlahnya sudah terlalu banyak dinilai bukan lagi suatu hal yang wajar karena besar kemungkinna terdapat masalah di rambut atau kulit kepala Anda. Adapun jumlah rambut rontok normal mencapai 50-100 helai setiap harinnya. Meski terbilang cukup banyak, namun jumlah rambut rontok ini jika dikumpulkan hanya sebesar jari kelingking anak-anak. Oleh sebab itu, indikator ini bisa Anda jadikan sebagai pertanda apakah rambut rontok yang diderita masih termasuk wajar atau sudah parah.

Adapun beberapa faktor penyebab rambut rontok ialah sebagai berikut:

  1. Sebagai efek samping dari penggunaan obat-obatan atau bahan kimia dengan rentan waktu yang cukup lama atau terlalu sering. Oleh sebab itu, jika Anda banyak menemukan rambut rontok ketika banyak mengonsumsi obat, maka hal ini bisa dikatakan sebagai fenomena yang wajar sebagai salah satu reaksi tubuh terhadap bahan kimia yang masuk.
  2. Mengalami stress berlebihan juga bisa memicu terjadinya rambut rontok secara berlebihan. Dengan demikian, menjaga kesehatan mental dan keseimbangan emosi merupakan dua hal yang penting untuk Anda perhatikan agar tidak mudah merasakan stress berlebihan yang bisa memicu kerontokan rambut berlebih.
  3. Jarang keramas merupakan salah satu penyebab rambut rontok yang kerap dijumpai pada kalangan wanita, hal ini akan lebih parah jika jarang menyisir rambut. Oleh sebab itu, ketika pertama kali keramas dan menyisir rambut setelah beberapa hari tidak melakukannya maka jumlah rambut rontok akan meningkat drastis karena rambut pada umumnya akan sulit untuk disisir atau gembel.
  4. Kerap melakukan bleaching atau cat rambut juga bisa memicu munculnya rambut rontok. Hal ini disebabkan karena zat kimia langsung menyerap dan menempel pada rambut dalam keadaan basah sampai akhirnya mengering. Oleh sebab itu, bagi Anda yang pemilik rambit berwarna alangkah baiknya untuk tidak terlalu sering melakukan bleaching pada rambut tanpa disertai penggunaan vitamin rambut ataupun conditioner yang sesuai.
  5. Salah menggunakan shampo yang tidak cocok dengan rambut dan kulit kepala Anda. Menyikapi hal ini, Anda harus benar-benar teliti dalam memilih shampo dan jangan sembarangan menggunakan shampo yang tidak biasa digunakan.

Itulah ke-5 penyebab rambut rontok yang banyak terjadi pada kaum wanita pada umumnya. Setelah mengetahui contoh penyebabnya, maka tidak kalah pentingnya untuk kita ketahui mengenai bagaimana solusi atau cara yang dikakukan untuk menyembuhkan rambut rontok.

Solusi Mengatasi Rambut Rontok

1. Menggunakan Masker Alpukat

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat masker alpukat ialah mempersiapkan daging buah alpukat segar, lalu campurkan dengan madu sekucupnya atau sesuai jumlah alpukat sampai membentuk cairan yang mengental. Selanjutnya, aplikasikan masker tersebut pada rmbut minimal 10 menit sebelum keramas, setelah itu bilas sampai bersih menggunakan shampo yang biasa Anda gunakan.

2. Menggunakan Masker Yogurt

Dalam hal ini, jenis yigurt yang bisa Anda pilih ialah yogurt plain atau tawar. Selanjutnya Anda bisa mencampurkan yogurt tersebut dengan sedikit madu lalu oleskan pada rambut sama selama kurang lebih 10-15 menit sebelum keramas. Setelah itu, bilas rambut samlai bersih.

3. Menggunakan Minyak Jojoba

sebagai bahan untuk memijat kulit kepala dan mengoleskannya pada rambut. Cara ini dilakukan sama seperti kedua cara sebelumnya yakni beberapa menit sebelum melakukan keramas.

4. Menggunakan Masker Putih Telur

Putih telur dipercaya sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi rambut rontok. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengoleskan putih telur pada rambut beberapa menit sebelum keramas mengingat bahan ini sangat mudah dan murah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Menggunakan Masker Lidah Buaya

Selain berkhasiat sebagai bahan alami untuk mengatasi rambut rontok, lidah buaya juga kaya akan berbagai macam khasiat rambut lainnya seperti menghaluskan rambut, melebatkan dan masih banyak lagi sehingga Anda tidak lerlu ragu lagi untuk menggunakan bahan ini sebagai obat rambut.

Itulah penyebab dan solusi mengenai masakah rambut rontok yang kerap terjadi pada kaum wanita. Disamping beberapa poin di atas, tentunya masih terdapat banyak hal yang berhubungan denganĀ  rontok, baik itu tips pencegahan, cara mengobati dan bahan-bahan yang umum diguankan untuk mengatasinya. Mengenai informasi lebih lengkapnya Anda bisa melihatnya melalui https://seruni.id/.

Scroll to Top