Penggabungan beberapa dokumen dengan format PDF menjadi satu memang masih terdengar asing untuk sebagian orang. Biasanya hal ini paling sering digunakan untuk mendaftar di perguruan tinggi atau mengumpulkan berkas lamaran agar pengecekan lebih mudah. Tapi masih banyak yang belum familiar dengan cara menggabungkan file PDF. Untuk itu, simak ulasan berikut.

Cara Mudah  dan Cepat Menggabungkan Dokumen Format PDF Menjadi Satu

  1. Menggunakan Situs Smallpdf.com

PDF atau yang disebut dengan Portable Document Format merupakan berkas dalam sebuah format yang dikembangkan oleh Adobe Systems, untuk pengiriman file secara digital. Format PDF bisa menampilkan dokumen 2D yang sudah mencangkup grafik, vektor, gambar, dan teks. Selain itu, format ini juga digunakan dalam berbagai dokumen digital dan ebook.

Bahkan beberapa dokumen resmi juga mulai beralih yang mulanya dari format word menjadi PDF. Namun tidak seperti dokumen word yang bisa diubah dengan mudah, format PDF hanya bisa diedit menggunakan software atau program khusus untuk menggabungkan menjadi satu atau memperkecil ukuran filenya.

Tetapi anda tidak perlu khawatir, sebab kini sudah banyak cara yang bisa digunakan untuk mengubah format dan menggabungkan dokumen PDF menjadi satu yang salah satunya menggunakan situs online smallpdf.com. Anda bisa dengan mudah mengaksesnya di browser yang ada di komputer atau perangkat lainnya.

Setelah diarahkan menuju laman web, anda harus memilih dokumen yang ingin digabungkan. Ada dua cara yang dapat pilih yaitu menyeret file dari perangkat anda atau menguploadnya. Jika memilih cara menyeret berkas, anda dapat dapat mengarahkan file yang ingin digabungkan jendela berwarna abu abu bertuliskan Drop PDF here.

Maka secara otomatis anda akan diarahkan pada penyuntingan dokumen tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan urutan yang diinginkan. Apabila sudah merapikan dokumen dengan urutan yang diinginkan, maka klik tombol Merge PDF yang ada di bagian bawah tampilan laman web. Selain itu, jika ingin menyimpan berkas pada komputer, dapat menekan tombol download file.

  1. Menggunakan Software Adobe Acrobat

Adobe Acrobat merupakan software yang dikeluarkan Adobe Systems dan dapat digunakan untuk melakukan beberapa perintah, termasuk mengedit file PDF. Salah satu fitur yang bisa anda lakukan dengan program ini, yaitu menggabungkan beberapa dokumen menjadi satu. Cara menggabungkan file PDF menggunakan program ini harus dilakukan dengan beberapa langkah.

Karena Adobe Acrobat adalah salah satu software, maka penggunaannya harus menginstall terlebih dahulu. Anda dapat memilih versi standar, pro, atau bahkan trial sesuai dengan kebutuhan. Beberapa perangkat PC biasanya sudah dilengkapi dengan program Adobe Acrobat, tetapi tidak ada salahnya jika anda ingin mengunduh versi yang terbaru.

Setelah itu, bukalah program Adobe Acrobat, lalu klik tombol Create yang ada di menu utama. Apabila anda tidak menemukan tombol Create PDF, maka bisa menuju menu View yang ada di toolbar, kemudian pilih tombol task dan dilanjutkan dengan memilih Show All Task Buttons.  Maka tampilan anda akan diarahkan pada combine files into a single PDF.

Menu tersebut akan membantu anda untuk menggabungkan beberapa dokumen yang ada di komputer atau perangkat anda untuk menjadi satu file PDF. Setelah itu, anda dapat menekan tombol Browse di window yang muncul pada layar komputer. Lalu carilah file yang akan digabungkan dalam satu format file PDF.

Jika sudah, klik tombol ok dan dokumen yang dipilih akan terunduh ke kotak yang ada di menu bar Adobe Acrobat. Sortir dokumen yang sudah dipilih sesuai kebutuhan yang diinginkan. Pada langkah ini, anda bisa menggunakan beberapa fitur seperti Move Up, Remove, Move Down untuk keperluan merapikan berkas agar lebih berurutan.

Tidak berhenti sampai di situ saja, anda harus melakukan beberapa langkah lanjutan dengan cara menghilangkan tanda centang di sebelah tulisan Include all open PDF.  Hal ini harus dilakukan jika anda tidak ingin menggunakan dokumen PDF yang pernah anda buka sebelumnya. Setelah file diurutkan, klik Combine Files dan dokumen bisa disimpan.

  1. Menggunakan Aplikasi WPS Office

Sebagian orang mungkin mengenal WPS Office hanya sebagai aplikasi yang digunakan untuk membaca Word, PDF, dan juga Excel. Tetapi ternyata, WPS Office ini tak hanya berfungsi sebagai pembaca berbagai jenis format dokumen saja. Aplikasi ini juga dapat mengedit dokumen berupa Excel, Word, maupun PDF. Untuk informasi detailnya anda bisa mengakses laman aptoide.co.id.

Untuk PDF sendiri, anda dapat menggabungkan dua file atau lebih menjadi satu PDF saja. Sebelum dapat memulai cara menggabungkan file PDF, anda hanya perlu mengunduh dan memasang aplikasi WPS Office di perangkat. Setelah itu, pilih menu bar yang ada di pojok kiri atas bertuliskan Page Adjustment. Secara otomatis anda akan diarahkan pada berkas file yang ingin digabungkan.

  1. Menggunakan Aplikasi Icecream PDF Split & Merge

Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan untuk menyatukan beberapa dokumen adalah Icecream PDF Split & Merge. Aplikasi ini cukup efektif jika agar dokumen bisa terbentuk dalam satu file. Langkah yang harus dilakukan pun sangat mudah, anda hanya perlu mengunduh dan memasang dahulu aplikasi tersebut ke komputer.

Ketika memasang aplikasi ini, jangan lupa untuk memilih opsi instalasi perangkat lunak. Setelah itu, buka aplikasi dan klik tombol Add File pada bagian menu bar utamanya. Jika sudah maka anda dapat memilih dokumen yang ingin digabungkan dan merapikannya. Ketika sudah selesai merapikan file tersebut, anda bisa klik Merge untuk menyatukan file menjadi satu.

  1. Menggunakan Software Foxit

Foxit merupakan salah satu program yang dapat diandalkan untuk menyatukan semua file PDF menjadi satu dokumen saja. Cara menggabungkan file PDF dengan Foxit bisa dilakukan secara mudah dan cepat berapapun jumlahnya. Selain itu, software ini menyediakan berbagai fitur tambahan agar penggunanya dapat menambahkan pages, header atau footer, dan watermark ke dalam file PDFnya.

Menggabungkan beberapa dokumen PDF menjadi satu tidak serumit yang anda pikirkan. Pasalnya, kini sudah tersedia berbagai aplikasi, software, bahkan situs online yang menyediakan layanan tersebut. Anda akan dimudahkan untuk merapikan file file meskipun ukurannya besar. Selain itu, anda akan lebih mengorganisasi dokumen yang anda miliki.

By Kayla