Jerawat tidak hanya muncul di wajah tetapi juga bagian bibir. Jika dilihat dari ukurannya, umumnya kecil tetapi lebih nyeri. Kemunculan-nya di bagian bibir seringkali membuat makan menjadi tidak senikmat biasanya. Apa penyebab kemunculan-nya dan cara menghilangkannya? Supaya lebih jelas, simak uraian di bawah ini.

Penyebab Jerawat di Bibir

Pada umumnya, jerawat yang muncul di bibir disebabkan oleh produksi minyak berlebih, bakteri dan folikel rambut yang tersumbat kulit mati. Sumbatan tersebut disebabkan oleh penggunaan lipstik, lip balm, petroleum jell, atau make up lainnya. Meski produk tersebut aman digunakan, tetapi jika digunakan secara berlebihan bisa menyumbat pori sehingga muncul jerawat di bibir.

Selain itu, hormon, stress dan juga penggunaan obat-obat tertentu bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jerawat di bibir bisa diobati dengan aman dan cepat.

Cara Menghilangkan Jerawat di Bibir dengan Cepat

  1. Kompres dengan Menggunakan Air Hangat

Cara pertama yaitu mengompres menggunakan air hangat. Kompres air hangat ini bisa mempercepat proses penyembuhan dengan cara melancarkan aliran darah ke area jerawat. Pada saat ada banyak darah di area jerawat, maka sel-sel kekebalan akan lebih optimal dalam membasmi bakteri.

  1. Minyak Jarak

Minyak jarak berguna untuk membersihkan dan juga membuka sumbatan pori-pori dengan cara menyerap kotoran yang ada di dalamnya. Hal ini tidak terlepas dari adanya sifat antibakteri yang mampu menyingkirkan bakteri penyebab jerawat.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba sehingga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat di bibir dengan cepat. Caranya dengan menyiapkan ¼ sendok teh bubuk kunyit dan tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Lalu oleskan pada jerawat dan biarkan selama mungkin. Setelah itu bilas menggunakan air biasa. Supaya lebih efektif lakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

 

 

 

 

By Kayla