Tidak semua keadaan janin atau bayi yang ada dalam kandungan itu sehat, janin juga dapat mengalami sakit. Bayi saja dapat terserang penyakit apalagi dengan janin?

Bayi yang sudah lahir tidak terlalu rumit untuk mendeteksi kalo si bayi sedang sakit sedang lapar dan haus, lain halnya dengan janin yang kondisi masih di dalam perut ibundanya. Namun tetap saja ada cara untuk mencari tau apakah janin yang ada dalam kandungan itu sehat atau tidak. Dibawah ini adalah ciri-ciri bayi tidak sehat dalam kandungan:

  1. Tidak ada detak jantung

Yang perlu diketahui untuk ibu hamil ternyata janin yang ada dalam perut memiliki detak jantung sediri, jangan samakan detak jantung ibunda dengan kandunganya. Yang perlu ibunda ketahui detak jantung yang ada di perut bisa dirasakan ketika kandungan berumur 10 minggu (3 bulanan).

Jika suatu ketika janin yang ada dalam kandungan tidak lagi terasa detak jantunganya, maka ibunda harus memriksakan kandunganya.

  1. Sering muncul kram

Pernahkah anda merasakan kram ketika menstruasi, sama halnya dengan kandungan juga bisa merasakan kram. Bahkan kram bisa terjadi setiap fase kehamilan mulai dari awal ibu di nyatakan hamil sampai akan melahirkan. Beda halnya dengan kram yang berlangsu dengan jarak waktu yang lebih lama dan kram terjadi hanya di satu sisi saja ditambah dengan adanya pendarahan.

Dalam kondisi ini ibu mengandung harus segera memeriksakan kandunganya karean hal tersebut adalah ciri-ciri bayi tidak sehat dalam kandungan.

  1. Nyeri punggung

Nyering punggung pada ibu memang hal yang wajar, apalagi ketika kandungan sudah berumur 7 bulan. Namun ada nyering punggung yang tidak wajar, yaitu ketika nyeri punggung yang dirasa beda dengan biasanya dan rasa nyeri lebih lama hilang berati ada masalah pada bayi yang dalam  kandungan ibunda sedang tidak baik-baik saja. Lebih parahnya rasa nyering yang tidak wajar itu juga bermasalah pada kandung kemih ataupun infeksi ginjal pada ibu.

  1. Hasil HCD rendah

            Human Chorionic Gonadotropin atau HCD adalah hormon yang ada dalam tubuh. Hormon ini yang bertanggung jawab dalam memelihara serta melindungi sel telur setelah pembuahan. Kadar HCD yang rendah bisa menjadi ciri-ciri bayi tidak sehat dalam kandunga, apalagi sejak awal ibu mengandung kadar HCD sudah berada di 5 Mul/ml, ibunda harus sering berkonsultasi dengan dokter.

By Kayla