Serba-serbi Google Camera MI A1

Kemajuan teknologi terutama pada dunia smartphone membuat berbagai brand terkenal semakin meningkatkan performanya masing-masing. Salah satunya yaitu perusahaan smartphone Xiomi. MI A1 merupakan satu-satunya ponsel keluaran Xiomi dengan seri Mi yang resmi beredar di Indonesia selain Redmi.

MI A1 ini dibekali dengan chipset berupa Snapdragone 625 dan dengan octa-core diangka 2.0 Hz. Selain itu juga memiliki kapasitas RAM sebesar 4GB/64GB yang cukup besar unuk menampung berbagai aplikasi. MI A1 awal muncul dibandrol harga sekitar 3 juta dan saat ini turun menjadi 2.7 juta.

Serba-serbi Google Camera MI A1

Pixabay.com

Walupun camera bawaan dari seri Xiomi ini sudah cukup bagus, namun perlu adanya tambahan Google Camera MI A1 agar lebih bagus. Camera ini dipercaya bagus sebab mampu mengambil foto ataupun video secara jelas serta adanya fitur bokeh.

Fitur ini mampu membuat panorama, HDR, presisi serta pengambilan foto dengan sudut 360 derajat. Banyak hal positif yang mengungkapkan tentang Google Camera ini. Namun untuk menginstalnya maka memerlukan cara root. Cara ini sudah biasa dilakukan oleh smarthphone Xiomi dan diperbolehkan oleh pabriknya.

Numun hal ini cukup banyak yang harus dikorbankan untuk pengguna MI A1. Pasalnya walaupun dapat dipasang dengan menggunakan cara root, namun setelah itu ponsel tersebut tidak akan menerima pembaharuan google yang lainnya. Maka dari itu banyak hal yang harus dikorbankan setelahnya.

Selain itu dengan kapsitas Snapdragon di bawah 800 maka akan sanagt sulit untuk menemukan aplikasi Google Camera pada smartphone MI A1. Di plasystore tidak tersedia karena google menyembunyikan pencarian tersebut. Jika pun Anda maka akan muncul peringatan jika aplikasi tersebut tidak kompatible.

Namun Anda tidak perlu khawatir ada satu cara yang dapat membantu Anda mengunduh aplikasi tersebut tanpa harus repot dengan root dan lain sebaginya. Yakni dengan menggunakan Apkpure ataupun ApkMirror. Cara menginstalnyapun sangat mudah yakni dengan unduh di aplikasi yang disebutkan tadi.

Sebelum memastikan instalasi, pastikan jika smartphone tersebut yaitu MI A1 mengizinkan jika untuk menginstal aplikasi yang bersumber dari luar playStore. Jika mengizinkan, maka instal saja seperti biasanya.

Setelah melakukan pembaharuan Android Pie, maka dapat dengan mudah untuk mengaktifkan Camera2 API yang ada di MI A1. Untuk mengaktifkannya memang tidaklah mudah. Ada banyak langkah yang harus ditempuh terlebih, Anda harus mem-Boot gambar boot pada smartphone ini.

Dengan begitu Anda harus mengisntall ADB Android yang tersedia pada PC untuk membuka Unlock bootloader dari MI A1 yang Anda miliki. Jika sudah demikian, maka tidak akan ada yang terhapus dari Android ini. Google camera memang memiliki tampilan yang cukup sederhana.

Fiturnya haya terdiri dari camera, video, photo sphare, lens blur, dan panorama. Pada menu pengaturan juga hanya terdiri atas HDR, Flash, Timer, Grid dan pilihan camera depan atau belakang. Namun yang membedakannya dengan camera yang lainnya yaitu mampu menagkap sensir dan cahaya secara baik.

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh Google Camera yaitu adanya modus potrait dengan efek bokeh yang terdapat pada camera depan. Hasil fotonya jauh lebih tajam, detail, low light pun dapat ditangkap dengan baik. Setelah aplikasi google camera MI A1 telah terinstal, maka langkah selanjutnya yaitu menyettingnya.

Beberapa settingan yang harus diperhatikan antara lain:

Pixabay.com
  • Buka aplikasi Google Camera
  • Kemudian, masuk pada menu setting yang terdapat pada pojok kiri atas.
  • Setelah memilih setting pilihlah menu Advanced
  • Langkah selanjutnya yaitu pilih HDR dan Parameter hingga Super hingh
  • Aktifkan potrait mode dengan menggeser ikon ke arah kanan
  • Aktifkan Use ZSL
  • Kemudian kembali lahi ke HDR+Image Quality untuk memilih menu final quality of jpg is 100%
  • Untuk mengatur Lens Blur gunakan resulasi sebesar 5 MPx
  • Aktifkan menu photo in low light
  • Kemudian aktifkan show dirty warning.
  • Google Camera sudah dapat digunakan

Walaupun dapat mengistal Google Camera di smartphone MI A1 tanpa root. Namun ada beberapa catatan yang harus diketahui. Seperti, Modus potret pada bagian belakang tidak bekerja secara maksimal, size foto yang terlalu besar akan memakan banyak ruang penyimpanan, danĀ  fitur video slow motion tidak dapat digunakan.

Hal itu terjadi karena proses penginstalan yang lama dan hanya me-lock pada beberapa sistem saja. Oleh karena itu jika terlaluu lama, Anda dapat sambil me restar dengan cara menekan tombol power dan volume down. Waktu penginstalan akan tetap berjalan walaupun Anda mematikannya.

Seperti itulah serba-serbi pada Google Camera smartphone MI A1. Untuk lebih mudahnya bisa melihat petunjuk penginstalan pada Apkpure di smartphone Anda. Itupun dapat dilakukan jika memang dapat menerima pengunduhan dari luar palikasi Playstore. Jika tidak, maka tidak dapat menggunakan Google Camera ini.

Scroll to Top