Mengenal Manfaat Kurma Ajwa

Kurma Ajwa atau kurma nabi ini adalah salah satu buah yang bisa dibilang cukup banyak dicari, apalagi menjelang bulan Ramadhan seperti saat ini. Terkenal sebagai kurma favorit Rasulullah ini memang menjadi alasan mengapa menjelang bulan Ramadhan saat ini kurma ini banyak dicari.

Table of Contents

Mengenal Seputar Kurma Ajwa

Kurma ini berbeda dengan beberapa kurma pada umumnya. Karena kurma ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil bahkan bentuknya juga lebih bulat. Jenis kurma ini berwarna cokelat tua kehitaman. Jenis kurma ini bahkan sangat cocok bagi beberapa orang yang tidak terlalu suka manis.

Ada beberapa keutamaan ketika mengonsumsi buah kurma ini seperti yang tercantum dari Hadits Nabi “Barang siapa yang makan pagi dengan 7 butir kurma nabi, maka tak akan mencelakainya racun dan sihir di hari itu” (HR. Bukhari).

Mengenal Khasiat Kurma Ajwa

Anda memang bisa menemukan cukup banyak makanan-makanan khas seperti kurma nabi di sejumlah toko. Bahkan di toko yang jual kurma Semarang pun bisa dengan mudahnya ditemukan kurma nabi ini. Selain mudah untuk ditemukan, Anda juga disarankan untuk rutin dalam mengonsumsinya. Sebab, ada beberapa khasiat atau bahkan manfaat yang bisa Anda dapatkan diantaranya adalah:

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kurma nabi ini memiliki kandungan serat yang cukup baik. Bahkan mengonsumsi kurma ini sendiri mampu menjaga kesehatan pencernaan. Kurang lebih terdapat 6,4 persen sampai dengan 11,5 persen kurma yang terdiri dari serat terutama jenis serat yang tidak larut.

Jenis serat yang tidak larut di dalam makanan mampu membantu untuk memadatkan faeses serta melancarkan pencernaan. Dengan mengonsumsi buah kurma, maka bagi Anda yang memiliki permasalahan diare atau bahkan sembelitakan mulai berkurang.

  • Mampu Menangkal Radikal Bebas

Kurma juga memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas karena adanya kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Dengan mengonsumsi kurma, maka mampu melindungi sel serta jaringan tubuh dari stress yang bahkan mampu memicu berbagai macam penyakit.

Beberapa antioksidan yang ada di dalam buah kurma ini juga mampu membantu untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Baik itu kanker flavonoid, karorenoid, dan juga asam fenolik. Karetonoid juga mampu berfungsi untuk mengurangi risiko gangguan mata akibat penuaan.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang mungkin sedang program diet, maka kurma adalah camilan yang pas untuk Anda semua. Kandungan karbohidrat serta serat dengan jenis yang tidak larut membuat Anda bisa merasakan kenyang yang jauh lebih lama. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus mengonsumsinya secara berlebihan.

Sebab, Anda harus menyeimbangkannya dengan beberapa makanan sehat lainnya agar tidak terhindar dengan sejumlah efek samping yang bahkan bisa Anda alami nantinya.

  • Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Selama mengonsumsi buah kurma, maka Anda juga bisa mengurangi aktivitas protein beta amiloid yang bahkan bisa membentuk plak dalam otak. Plak merupakan sebuah lapisan lunak yang terdiri dari kumpulan mikroogranisme yang berkembang biak di atas sebuah matriks. Biasanya plak ini sendiri terdapat pada gigi dan menyebabkan timbulnya karang.

  • Mampu Menyehatkan Tulang

Kandungan selenium, mangan, tembaha dan magnesium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang juga tersedia pada buah kurma. Berdasarkan penelitian, seluruh nutrisi tersebut mampu membantu juga untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Karena di dalam kurma sendiri terkandung boron yang juga membantu menjaga kesehatan tulang.

  • Memenuhi Cairan Tubuh

Buah yang bahkan sering dikonsumsi pada saat bulan puasa ini juga memiliki kandungan air yang bahkan mampu mengembalikan cairan tubuh ketika Anda sudah berpuasa selama seharian. Bahkan gula yang tinggi di dalam kurma ini juga bisa membantu untuk menaikkan gula darah yang bahkan sempat turun akibat 7 sampai 8 jam tidak mengonsumsi makanan.

Buah kurma sendiri memang buah yang memiliki cukup banyak fungsi yang baik untuk kesehatan. Untuk itulah Anda semua disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan gizi yang cukup sesuai dengan kebutuhan pastinya. Akan tetapi, Anda juga tetap disarankan untuk mengonsumsi buah lainnya untuk mendukung kebutuhan tubuh Anda sendiri.

Cara Mengonsumsi Kurma Seperti Rasulullah

Rasulullah sendiri memiliki beberapa kebiasaan tentang bagaimana cara memakan Kurma Ajwa seperti yang juga sudah diriwayatkan di dalam sebuah hadis. Nah, beberapa contohnya yaitu:

  • Makan Kurma dengan Keju

IbnulQayyim memberikan sebuah keterangan tentang hadis yang menyebutkan bahwa Rasulullah pernah memakan kurma dengan keju. Menurut beliau, keju mampu melunakkan kotoran, melemaskan saraf serta bengkak pada kandung empedu, kerongkongan, mampu mengatasi batuk, mempercepat pertumbuhan gigi pada bayi, dan juga mampu mengatasi kudis dan kulit kasar.

  • Makan Kurma dengan Mentimun

Di dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, disebutkan apabila Abdullah bin Ja’far pernah melihat Rasulullah makan mentimun dengan ruthab atau kurma basah. Kurma memiliki sifat yang panas bahkan mampu untuk menetralkan mentimun yang bersifat dingin dan sulit dicerna oleh lambung.

Untuk mendapatkan buah kurma dengan berbagai jenis yang aman, bahkan Anda bisa juga mendapatkannya di sejumlah toko yang sudah banyak di Indonesia. Nah, salah satunya adalah toko yang jual kurma Semarang.

 

Scroll to Top