Deskripsi

Puasa merupakan salah satu ibadah yang harus dijalani oleh setiap muslim. Memiliki beberapa syarat dan rukun yang tak boleh terlewatkan, silakan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

 

Artikel

Islam telah mengatur bahwa kegiatan ibadah tak hanya berkaitan antara makhluk dengan Tuhannya saja, tetapi juga mengatur antar setiap makhluknya. Tak hanya sholat, ibadah lain yang harus dijalani setiap muslim adalah puasa, yakni berupa tindakan untuk menahan hawa nafsu sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Informasi rincinya silakan simak penjelasan berikut.

Definisi Puasa

Pengertian puasa secara sederhana adalah suatu tindakan menahan diri dari hawa nafsu (makan, minum, dan hal lain yang membatalkan) dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Dengan kata lain, puasa adalah ibadah yang dilakukan oleh individu dengan memperhatikan beberapa syarat dan rukun yang ditetapkan.

Syarat Wajib Seorang Muslim Untuk Berpuasa

Untuk bisa melaksanakan puasa, seseorang harus telah memenuhi syarat wajibnya. Adapun syarat wajib seseorang untuk bisa berpuasa adalah  beragama Islam, baligh, sehat baik jasmani maupun rohani, berakal, mampu (sehat dan bukan seoarang musafir), serta suci dari hadas besar.

Rukun Puasa yang Tidak Boleh Terlewatkan

Setelah mengetahui pengertian puasa dan syarat wajib. Anda pun harus memahami rukun puasa berikut ini.

1.     Niat

Hal utama yang harus diperhatikan adalah niat. Anjuran untuk membaca niat terutama ketika puasa ramadhan adalah saat sahur atau setelah sholat tarawih.

2.     Menghindarkan Diri dari Hal-Hal yang Membatalkan

Niat bukan satu-satunya rukun puasa yang harus dilakukan. Anda tetap diminta untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang membatalkan, seperti makan, minum, dan hal lain yang dilarang.

 

Itu dia penjelasan terkait pengertian puasa dan hal-hal lain yang relevan. Untuk menambah informasi silakan perbanyak referensi serupa. Semoga bermanfaat.

By Kayla