Nike merupakan sebuah brand sepatu yang cukup terkenal di seluruh dunia dan banyak di gandrungi oleh orang-orang. Desain sepatu dari Nike biasanya cenderung lebih simpel. Hal tersebut sejalan dengan seperti yang tertuang dalam logo dari brand sepatu tersebut. Nike telah lama berdiri dan selama perjalanan tersebut telah banyak sejarah yang dilalui.

Pada artikel kali ini kami akan secara spesifik membahas mengenai sepatu Nike dengan branding yang telah tercipta tersebut secara utuh. Berikut ini adalah penjelasan artikel mengenai brand atau produsen sepatu ternama yaitu Nike. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung simak penjelasan lengkap dari artikel tentang brand sepatu Nike yang ada di bawah ini.

Sejarah Panjang Nike

Banyak orang berasumsi bahwa di balik lahirnya brand sepatu ternama Nike adalah dari tangan seorang yang bernama Phil Knight. Namun, nyatanya hal tersebut tidak seratus persen benar. Ide untuk mendirikan brand Nike bukanlah dari pemikiran seorang Phil Knight. Nike dicetuskan oleh rekan Phil Knight yang saat itu bekerja sebagai pelatih di Freshman Football di Stanford University.

Pelatih tersebut bernama Bill. Setelah Bill mencetuskan ide, Phill Knight merasa bahwa apa yang dipaparkan oleh Bill sangatlah brilliant. Dia merasa bawah prospek bisnis tersebut cukup bagus sehingga membuat Phill menyetujui ajakan dari Bill untuk memulai membangun Brand yang suatu hari nanti akan menjadi besar dan terkenal di seluruh dunia. Tak lama berselang, Phill Knight dan Bill mulai membuat konsep yang akan mereka jual.

Kelebihan Brand Nike

Yang menjadikan brand Nike mampu berdiri dan sukses besar adalah lantaran kombinasi kemampuan yang dimiliki oleh kedua founder, Bill dan Phill. Satu orang memiliki keahlian yang cukup mumpuni di bidang bisnis dan satu yang lain memiliki kemampuan luar biasa dalam memahami target pasar yang menjadi komoditas utama brand ini, yaitu segmen sport atau olahraga.

Dengan kedua kemampuan yang dimiliki oleh Bill dan Phill ini, tak anyal mampu membuat brand Nike cepat melesat dan sukses besar menjaring target marketing yang potensial sampai dengan hari ini.

Merek Blue Ribbob Sport

Sebelum mereka berdua menamai brand yang mereka buat dengan Nike, terlebih dahulu mereka memakai nama Blue Ribbon Sport. Tujuan utama dari brand Blue Ribbon Sport adalah untuk menciptakan produk-produk olahraga, dalam hal ini adalah sepatu, dengan kualitas yang mumpuni namun harga yang ditawarkan relatif cukup murah jika dibandingkan dengan produk serupa lain yang ada di pasaran.

Jauh sebelum Blue Ribbon Sport merambah di pasar sepatu olahraga atau atletik, yang terlebih dahulu menguasai bidang bisnis tersebut adalah brand sepatu yang berasal dari negeri Jerman. Kualitas yang ditawarkan oleh brand sepatu asal jerman bisa dibilang berkualitas. Namun, harga yang ditawarkan pada saat itu terbilang cukup mahal sehingga tidak banyak orang mampu membeli produk tersebut.

Merasa mendapat tantangan untuk memecahkan problem tersebut, langkah awal yang dilakukan oleh Bill adalah mengimport sepatu yang diproduksi oleh negara Jepang. Bill saat itu menjalin relasi dengan perusahaan Japanese Onitsuke Tiger (Asics). Bill dan Japanese Onitsuke Tiger (Asics) sepakat memproduksi sepatu olahraga yang berkualitas tinggi dengan harga jual yang ditawarkan cukup murah untuk segmen pasar Amerika.

Awal kemunculan Blue Ribbob Sport terbukti berhasil menarik minat dan mendapat perhatian khusus bagi konsumen di negara Amerika. Kesuksesan Blue Ribbon Sport ini tak bisa lepas dari tangan kreatif seorang Phill yang mampu membuat konsep desain yang cukup eksperimental. Dua berhasil menciptakan desain sepatu yang pada saat itu tak terpikirkan oleh orang atau anti mainstream.

Karena membludaknya minat orang untuk membeli produk dari Blue Ribbon Sport tersebut, mereka membuat sebuah ruko atau toko ritel resmi yang dibuka untuk pertama kali di wilayah Pico Boulevard, Santa Monica California. Dari toko inilah yang menjadikan cikal bakal dari kelahiran brand sepatu olahraga besar yang sekarang kita kenal dengan nama Nike.

Kemudian Blue Ribbon Sport bekerja sama dengan pengusaha yang bernama Jeff Johnson. Dengan kerja sama bisnis tersebut semakin membuat nama Blue Ribbon Sport besar. Mereka menciptakan produk sepatu olahraga dengan nama Cortez training shoe. Produk itu laris manis di pasar Amerika Serikat.

Produk Unggulan Sepatu NIKE

Phill tak cukup puas hanya sampai disitu saja. Dia kembali mengembangkan produk sepatu atletik yang menggunakan pola waffle. Pola waffle ini merupakan cikal bakal dari desain yang diterapkan pada sepatu bergaya modern saat ini. Beberapa produk dengan pola waffle yang berhasil mereka ciptakan antara lain adalah Waffle Racer, Air Force One, Air Max 93, Air Max 95 dan juga Air Max 97.

Nah itulah ulasan singkat mengenai sejarah panjang asal muasal berdirinya brand sepatu olahraga ternama yaitu Nike. Nike kemudian terus berkembang hingga sekarang mereka telah menjadi besar dan terkenal di seantero dunia dengan menciptakan sepatu yang berkualitas. Semoga penjelasan artikel kali ini bisa memberikan manfaat dan juga memberi gambaran bagi kamu yang ingin membeli sepatu merk Nike di toko online bernama Sporti.

 

By Kayla