Penyebab Reaksi Kedinginan Pada Masa Kehamilan

Hamil bukan perkara mudah untuk dilalui. Banyaknya pantangan dan perubahan drastis pada tubuh membuat ibu hamil merasakan hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah dirasakan. Maka tidak heran jika ibu hamil seringkali memiliki keluhan bahkan untuk keluhan yang jarang dirasakannya.

Salah satu keluhan yang kerap disampaikan oleh ibu hamil yaitu badan sering kedinginan saat hamil. Meski bukan sesuatu yang tampak berbahaya, ibu hamil seringkali was-was pada gejala baru yang sebelumnya tidak pernah ia rasakan.

Reaksi kedinginan pada ibu hamil memang kerap terjadi hal ini dikarenakan ada masalah pada tubuh ibu hamil. Beberapa di antaranya yaitu:

  1. Perubahan Hormon

Mungkin beberapa ibu hamil memang merasa khawatir akan perubahan yang banyak terjadi pada tubuh barunya. Namun beberapa keluhan tersebut bisa jadi penyebabnya adalah karena adanya perubahan hormon.

Kondisi ini dianggap normal karena merupakan reaksi tubuh pada sesuatu yang baru. Hal ini memang membutuhkan waktu agar ibu hamil merasa terbiasa. Misalnya saja seperti merasa sering kedinginan pada masa kehamilan. Bahkan beberapa ibu hamil ada juga yang justru merasa sering kepanasan pada masa kehamilan. Anda termasuk bagian yang mana?

  1. Tekanan Darah Rendah

Meski dianggap sebagai bentuk dari perubahan hormonal, beberapa kasus kedinginan pada ibu hamil juga bisa dikarenan tekanan darah yang rendah. Akan tetapi hal ini cukup wajar karena pada kondisi ibu hamilperedaran darah bekerja dua kali lebih berat karena memiliki tugas baru menyuplai darah ke janin yang sedang berkembang.

Tekanan darah pada ibu hamil masih bisa dimaklumi sampai batas 90/60. Tekanan darah rendah pada ibu hamil akan mulai berangsur baik setelah 24 minggu. Dengan catatan, ibu hamil tidak memiliki keluhan lainnya seperti pusing, lesu, lemas, dan kejang.

  1. Terjadi Infeksi

Selain sebab perubahan hormon atau tekanan darah rendah, badan sering kedinginan saat hamil juga bisa jadi indikasi adanya masalah pada tubuh ibu. Salah satunya terjadi infeksi.

Beberapa kemungkinan infeksi pada ibu hamil yaitu jika ada tanda-tanda lain seperti lemas, nyeri, dingin sampai menggigil.  Rasa dingin menggigil tersebut disebut sebagai respon kimiawi terhadap kuman yang menyerang dan pertahanan diri. Jika ibu hamil mengalami hal tersebut, sebaiknya segera bawa ke rumah sakit atau dokter terdekat untuk segera mendapatkan pertolongan.

Proses kehamilan memang cukup sulit terlebih untuk yang belum berpengalaman, namun semua akan terbayar ketika ibu melihat buah hatinya lahir dengan selamat.

Scroll to Top