Perlu Diketahui Manfaat Madu Bagi Bayi

 

Madu adalah cairan kental manis berwarna kecoklatan bening yang dihasilkan oleh lebah madu melalui sari-sari bunga. Menurut penelitian, madu memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia, mulai dari sejak di dalam kandungan hingga orang-orang lanjut usia. Madu yang baik adalah madu yang asli diambil dari sarang lebah madu, dimana belum terkontaminasi zat kimia lainnya. Madu ini disebut dengan madu murni.

Masa bayi dan anak-anak adalah masa dimana pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak dan tubuh mengalami perkembangan pesat yang dapat terus mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan di masa-masa selanjutnya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi orang tua untuk memperhatikan asupan nutrisi bagi anak, terutama bayi.

Bayi adalah manusia berumur 0 sampai 12 bulan. Hingga usia 6 bulan, seorang bayi hanya boleh diberi ASI saja, tanpa tambahan makanan apapun. Baru setelah melewati umur 6 bulan, bayi wajib diberi makanan tambahan yang disebut dengan MPASI. Dalam pemberian MPASI seorang ibu juga harus pandai bervariasi sambil mempertimbangkan nilai gizi bahan makanannya. Madu dipercaya memiliki manfaat yang sangat baik bagi bayi.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan antioksidan pada madu berfungsi sebagai penangkal radikal bebas sumber penyakit. Pemberian madu pada bayi tidak boleh terlalu banyak, cukup campurkan setengah sendok teh madu dalam air putih dan bisa diberikan ketika bayi selesai makan.

  1. Meredakan Batuk dan Flu

Batuk dan flu adalah tanda bahwa imunitas anak sedang buruk, oleh karena itu bisa diberikan setengah sendok flu madu pada campuran air putih hangat ketika sedang flu dan batuk, cukup 1 kali sehari.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Prebiotik alami dalam madu berguna dalamĀ  meningkatkan jumlah bakteri baik yang ada pada saluran pencernaan. Dengan cara yang sama seperti pada poin 1 dan 2, berikan segelas air hangat yang sudah dicampur madu tersebut dan biarkan diminum saat pencernaan bayi sedangĀ  tidak baik. Pemberian banyak madu pada bayi justru tidak terlalu baik, oleh karena itu cukup berikan sedikit saja dan tidak untuk berkelanjutan.

 

Scroll to Top