Deskripsi:

Sariawan biasanya terjadi di rongga mulut, tetapi tidak menutup kemungkinan sariawan di terjadi di tenggorokan. Sariawan di tenggorokan sama menyiksanya dengan sariawan di rongga mulut.

 

Artikel:

Sariawan yang terjadi di rongga mulut merupakan hal yang biasa terjadi. Tetapi, jika sariawan di tenggorokan memang sangatla jarang terdengar. Sariawan bisa terjadi selain di rongga mulut salah satunya di tenggorokan. Penyebabnya beragam seperti infeksi jamur, virus, mengonsumsi makanan yang bersifat iritasi, atau karena kebiasaan merokok. Jika anda tidak segera mengobatinya sariawan tersebut dapat semakin parah.

 

Mengatasi sariawan di tenggorokan dengan benar

Ada beberapa cara untuk mengatasi sariawan di tenggorokan. Ketika anda mengalaminya, anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini untuk mengatasi dan mengobati sariawan anda.

 

  1. Menghindari makanan yang bersifat iritasi (iritan)

Banyak makanan bersifat iritan yang bisa menyebabkan sariawan baik di rongga mulut maupun di tenggorokan. Sariawan di tenggorokan bisa anda sembuhkan dengan mudah jika anda disiplin melaksanakannya yaitu dengan menghindari beberapa makanan yang bisa memicu sariawan. Makanan tersebut contohnya makanan pedas, makanan yang berminyak dan keras seperti keripik. Makanan tersebut mengandung asam yang tinggi sehingga dapat memperburuk sariawan di tenggorokan. Jadi, sebaiknya anda menghindari makanan-makanan tersebut agar sariawan anda cepat sembuh.

 

  1. Berkumur air garam

Sariawan di tenggorokan bisa diatasi dengan air garam. Ambil seperempat sendok garam lalu larutkan dengan air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Untuk sariawan yang ada di tenggorokan, sebaiknya anda berkumur sambil menengadahkan kepala agar bisa menjangkau sariawan tersebut. Lakukan 3-4 kali sehari dan sariawan anda sembuh.

 

  1. Mengonsumsi vitamin C

Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C sangat baik untuk kesehatan mulut dan tenggorokan. Maka, sangat cocok jika anda mengatasi sariawan di tenggorokan dengan dengan banyak mengonsumsi vitamin C. Bisa dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, brokoli, dan tomat. Anda juga bisa membeli vitamin C yang ada di apotek agar lebih praktis.

 

Sariawan sebenarnya bukanlah masalah kesehatan yang serius. Tetapi jika dibiarkan bisa semakin parah dan menyebabkan penyakit yang lebih serius. Begitu juga dengan sariawan di tenggorokan. Anda bisa mencoba mengatasinya dengan cara-cara di atas ketika anda mengalaminya sehingga bisa memperepat kesembuhan sariawan anda.

 

By Kayla