Salah satu jenis burung yang begitu populer dan banyak dipelihara para kicau mania adalah burung cucak ijo.  Burung ini mempunyai tingkat kecerdasakan  yang baik karena bisa menirukan secara fasih kicauan  jenis burung lainnya yang berbeda. Beberapa jenis burung yang bisa fasih ditirukan suara kicauannya oleh burung cucak ijo ini adalah burung trucukan, murai batu, cendet dan masih banyak lagi. Tidak heran bila burung ini sering disebut sebagai burung ajaib yang   mempunyai banyak jenis suara.

Oleh karena keunikan dari burung cucak ijo ini yang suaranya bisa menirukan banyak kicauan jenis burung lainnya, membuat burung ini dijadikan masteran dengan suara kicauan burung lain.  Jadi Anda sebagai pemiliknya bisa membuat burung cucak ijo ini mempunyai kicauan master burung lainnya.  Lebih menarik dan  unggulnya burung ini karena suaranya yang lantang. Nah, untuk Anda yang ingin membuat masteran burung cucak ijo ini, cocok dengan suara kenari, geraja tarung, cucak jenggot, cungkok, walet, siri-siri bahkan menariknya lagi dengan suara jangkrik pun bisa dan berbagai suara lainnya.

Dibalik semua keunggulan dari burung cucak ijo ini, anda harus menyadari bahwa untuk membuat burung tersebut mempunyai suara yang diinginkan yakni yang ngetrok ngerol tidaklah mudah.  Pasalnya Anda perlu untuk melakukan beberapa hal khusus agar bisa membuat kemampuan bersuara kicauan burung tersebut bisa ngetrok ngerol.  Maka dari itulah silahkan simak bagaimaan cara dalam melatih suara dari burung cucak ijo tersebut. Tidak perlu ragu karena berbagai cara ini sudah dibuktikan oleh banyak kicau mania dan mudah pula dilakukannya.

Adapun berbagai cara paling ampuh yang harus Anda lakukan bila ingin melatih suara dari burung cucak ijo ini ngetrok ngerol adalah sebagai berikut:

pxhere.com
  1. Memberikan Pakan yang Berkualitas

Cara paling ampuh pertama yanhg bisa Anda lakukan untuk melatih suara dari burung cucak ijo ini adalah memberikan pakan yang berkualitas. Tentunya apabila pakan sudah berkualitas, burung akan sehat dan tidak akan stress. Hal ini merupakan dasar utama burung cucak ijo bisa menghasilkan suara kicauan terbaiknya.  Pemberian  pakan yang berkualitas  untuk burung cucak ijo ini bisa berupa voer yang  berkualitas.

Jangan lupa untuk mengantinya tanpa terlewat harinya alias setiap hari harus Anda gantikan.  Berikan pula burah-buahan segar untuk menjadi pakan burung cucak ijo ini.  Atur dengan baik pula pemberian EF (Ekstra Fooding) agar pas, tidak kurang ataupun tidak lebih dalam pemberiannya. Jangan pernah memberikan EF yang basi  atau sudah  berbau tidak enak karena akan membuat burung cucak ijo ini stress dan tidak sehat nantinya.

  1. Melakukan Perawatan yang Baik

Anda tentunya juga harus merawat burung cucak ijo ini dengan baik agar suaranya pun bisa menghasilkan suara yang bagus.  Misalnya ketika Anda memandikan burung tersebut, lakukan dengan benar pada pagi dan sore hari. Setelah dimandikan burung cucak ijo ini haru segera dijemur di bawah matahari. Pastikan bahwa kandang dari burung ini selalu bersih. Apabila hal ini sudah dilakukan dan pakannya sudah berkualitas, pastinya burung cucak ijo ini akan bisa nembak  dengan suara yang benar-benar lantang.

pxhere.com
  1. Memberikan Pelatihan Suara yang Pas

Apabila memang dirasa burung cucak ijo masih kurang menghasilkan suara  yang menurut Anda kurang, maka yang perlu dilakukan adalah memberikan pelatihan suara khusus.  Perawatan  khusus tersebut harus dilakukan setiap harinya. Pelatihan suara pada burung ini lebih dikenal dengan nama mastering atau pemasteran. Dengan melakukan pemasteran pada burung cucak ijo ini, pastinya akan mampu menghasilkan burung Anda ini mempunyai suara yang diharapkan.

Kegiatan pemasteran burung cucak ijo ini tidak hanya bisa dilakukan dengan burung asli tetapi Anda juga bisa hanya menggunakan suaranya saja. Untuk itu Anda bisa mendownload suara dari burung cucak ijo ini ataupun burung lainnya yang hendak dijadikan master pelatihan burung yang dipunyai.  Apabila burung cucak ijo ini tidak mau menirukan usara dari master burung yang sudah diberikan, maka boleh Anda untuk mengisikan master dari suara burung yang stau jenis. Misalnya dari suara yang dipunyai burung cucak ijo kepala kuning dan lain sebagainya.

Perlu Anda ingat bahwa burung cucak ijo ini cepat melakukan peniruan suara tetapi juga cepat dalam melupakannya. Maka dari itulah burung ini haru sering dilakukan pemasteran dengan diperdengarkan suara kicauan yang diinginkan.  Tak kalah penting untuk diperhatikan dan dilakukan adalah saat burung cucak ijo ini kondisinya mabung, Anda harus melakukan remastering atau pemasteran ulang.

Itulah tadi merupakan panduan lengkap cara melatih burung cucak ijo agar mengeluarkan suara terbaiknya yakni ngetrok ngerol sesuai yang Anda harapkan.  Silahkan Anda lakuakn semua cara yang sudah disebutkan ini tanpa terkecuali. Dijamin burung cucak ijo yang dipunyai akan menghasilkan suara terbaik seperti yang Anda inginkan dalam waktu yang cepat. Yang paling penting adalah Anda harus memastikan bahwa burung Anda ini tidak  mengalami stress dan harus nyaman terlebih dahulu agar semua cara tersebut sukses menghantarkan burung mempunyai suara yang diinginkn.

By Kayla