Kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Untuk menyembuhkannya juga tidak hanya dengan obat-obatan kimia saja. Akan tetapi ramuan herbal juga banyak dipakai untuk mengobtai kanker.

Dibawah ini ada sederet tanaman herbal yang banyak dipakai untuk mengobati kanker :

1. Biji Anggur

Pixabay.com

Banyak penelitaian yang mengemukakan bahwa phytochemical yang terdapat dalam biji anggur berfungsi sebagai anti tumor. Anti tumor merupakan kemampuan untuk mencegah kanker dari bijinya sendniri.

Terdapat penelitian di Universitas Colorado yang menyatakan bahwa ekstrak dari biji anggur sangat efektif terhadap kanker kolorektal. Ekstrak dari biji anggur ini akan mematikan sel-sel kanker.

Selain itu ekstrak biji anggur juga bisa membatasi pertumbuhan serta kelangsungan hidup dari sel kanker itu sendiri. Walaupun sifatnya mematikan sel kanker, biji anggur tidak membahayakan sel-sel yang sehat.

Ektrak biji anggur yang dinamakan dengan proanthocyanidins juga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan dari kanker usus besar.

2. Lidah Buaya

Biasanya kudah buaya paling banayk dipakai untuk terapi pada luka bajkar ataupun iritasi kulit. Namun ternayata lidah buaya juga bisa digunakan  untuk pengobatan jenis kanker tertentu.

Lidah buaya mengandung senyawa yang dinamakan dengan 1,8 dihidroksi-3 ( hidroksimeti)-antrakuinon ( AE) yang sudah terbukti bisa mematikan sejumlah sel kanker kandung kemih pada manusia.

AE juga memiliki efek anti kanker yang bisa menghentikan viabilitas sel serta menghentikan G2/M dari suatu siklus hidup sel.

3. Jahe

Jahe memiliki bahan aktif yang dinamakan dengan Gingerol telah banyak mendapatkan banyak penelitian dalam upaya untuk menentukan pencegahan kanker tertentu.

Hasil dari farmakologi menunjukkan bahwa jahe bisa menghambat pertumbuhan tumor yang terjadi pada manusia.

Dalam kasus kanker ovarium ,peneliti menemukan Gingerol bisa membuat kematian sel kanker, mengurangi peradangan dan bisa untuk menguatkan imunitas tubuh..

Penelitian juga menunjukkan bahwa Zat aktif Gingerol juga kemungkinan bisa melindungi dari kanker ussu besar. Bahkan di salah satu negara di Asia yaitu India Jahe merupakan bagian dari makanan diet yang dikonsumsi sehari-hari.

Sehingga India menrupakan negara dengan tingkat kanker terendah. Kemungkinan hal itu karena konsumsi jahe sehari-hari. Jahe merupakan anti virus alami, anti parasait, anti oksidan serta anti bakteri.

Kita bisa mengkonsumsi jahe dengan cara mencampurkannya dengan teh atau parut beberapa ke piring sayuran yang kita konsumsi.

4. Bajakah

Kayu yang berasal dari Kalimantan ini terkenal dengan khasiat yang dimilkinya. Khasiat dari kayu Bajakah ini terkuak saat siswa yang berasal dari Palangkaraya membuat hasil penelitian di ajang internasional.

Pembuktian pada bajakah yang mengandung berbagai macam senyawa penting untuk mengatasi kanker terbukti, dan membawa tim tersebut menjadi juara pada lomba world Invention Olypic ( WICO ).

Sehingga saat ini Bajakah makin banyak dicari dan dijual di pasaran. Untuk pengolahan Bajakah sebagai obat anti kanker, kamu cukup memotong kecil kayu tersebut lalu potongan itu dikeringkan dibawah sinar matahari.

Setelah bajakah kering maka kita bisa menumbuk kayu tersebut hingga menjadi bubuk. Untuk mengkonsumsinya tinggal kita seduh menggunakan air panas. Warna air seduhan ini hampir sama dengan teh.

5 Daun Sirsak

Annonaceous acetogenesis merupakan suat zat yang terkandung pada daun sirsak. Zat ini dipercaya bisa ,menghambat pertumbuhan dari sel kanker.

Di masyarakat, daun sirsak juga sudah banyak dikonsumsi untuk dijadikan obat anti kanker. Selain itu daun sirsak juga merupakan anti radang dan anti bakteri dan membantu bisa mengurangi efek samping kemoterapi.

5. Teh Hijau

Teh hijau juga banyak dikenal mempunayi zat anti oksidan yang tinggi yang bisa membantu menyembuhkan kanker. Akan tetapi dalam mengkonsumsi teh hijau sebaiknya hanya sebagai obat pendamping saja.

Disamping teh hijau mengandung anti oksidan juga adapula senyawa polifenol yang bisa untuk melawan sel tumor atu kanker. Selain itu bisa untuk melindungi kerusakan sel dari kerusakan DNA akibat dari gangguan kanker.

6. Malapari

Pixabay.com

Malapari yang banyak ditemukan di Bengkulu juga dikenal untuk mengobati kanker. Hal itu juga diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan ( Litbangkes ).

Utntuk mengolahnya juga cukup mudah kita tinggal mengambil ekstraknya dengan cara merebus Malapari selama 20 menit. Sesudah itu lalau segera minum air rebusan tadi.

7. Samama

Samama merupakan tanaman endemik yang berada di Kepulauan Maluku serta Sulawesi. Ciri tanaman ini yaitu merupakan jenis pohon dengan kayu dengan warna merah muda.

Kayu samama selain bisa digunakan untuk bahan bangunan atau perkakaks juga berkhasiat untuk mengobati dan melawan sel kanker.

8. Keladi Tikus

Tanaman hias yang bernama keladi tikus juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati kanker. Hal tersbut juga sudah diteliti oleh Litbangkes secara klinis.

Untuk menmbantu mengobati sel kanker, maka kita bisa menumbuk atau merebus keladi tikus setelah itu airnya dapat kita minum.

9. Alang-alang

Alang-alang juga banyak tumbuh di sekitar kita. Akar dari alang-alang bisa dimanfaatkan untuk mengobati kanker. Akar tersebut bisa kita tumbuk kasar lalu rebus alang-alang besamaan dengan obat kanker yang lain.

Itulah beberapa tanaman herbl yang bisa dijadikan sebagai obat kanker. Jika kamu ingin membuat tanaman herbal tersebut sebagai obat kanker, kalian tidak bisa sembarangan membuatnya perlu konsultasi dengan dokter dan Jasa maklon herbal untuk mendapatkan komposisi yang tepat serta produk yang dijual jadi legal dan bersertifikat BPOM.

By Kayla