Saat ini, persaingan di bidang bisnis semakin besar. Hal ini diakibatkan banyaknya perusahaan dan unit usaha masyarakat yang semakin berkembang. Oleh karena itu, untuk dapat bertahan dalam sebuah kompetisi yang sangat ketat, perusahaan harus mampu membuat sebuah langkah inovasi dan membuat strategi pemasaran yang tepat.

Salah satu strategi pemasaran yang tepat adalah dengan membuat iklan. Dewasa ini, iklan bukan hanya melalui media cetak maupun elektronik seperti televisi dan radio. Akan tetapi, iklan bisa dipasang di dalam internet.

Beberapa iklan yang ada di internet bisa diletakkan di sebuah website. Akan tetapi, jika iklan tersebut dipasang di sebuah website, maka pengguna internet harus masuk ke website tersebut untuk dapat melihat iklan. Beberapa perusahaan mungkin merasa efektivitas memasang iklan di sebuah website kurang. Oleh karena itu, mereka mulai mencari cara lain untuk membuat iklan tentang produk yang mereka jual.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan jasa iklan yang ada di mesin pencarian. Jasa iklan ini bisa memunculkan produk yang diiklankan di halaman awal mesin pencarian. Iklan ini akan muncul ketika suatu kata kunci yang berhubungan dengan iklan tersebut diketikkan di mesin pencarian. Sehingga, pengguna internet yang mengetikkan kata tersebut akan dengan mudah mendapatkan akses pada iklan tersebut.

Ada banyak mesin pencarian yang bisa digunakan. Akan tetapi, untuk efektivitas iklan yang lebih baik, maka pengiklan bisa memilih mesin pencarian yang diakses oleh banyak orang atau yang sering disebut dengan nilai engagement yang tinggi.

Salah satu mesin pencarian yang bisa digunakan untuk mengiklankan produk adalah Google. Mengapa Google? Saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa Google merupakan salah satu mesin pencarian yang paling banyak digunakan. Hal ini dikarenakan kemudahan akses informasi yang diberikan serta beberapa inovasi yang dikembangkan oleh Google. Oleh karena itu, Google merupakan mesin pencarian yang tepat untuk digunakan sebagai tempat mengiklankan produk.

Google juga menyediakan layanan penyedia iklan yang disebut dengan Google Adword. Layanan ini juga dikenal sebagai Jasa Google Ads. Dengan menggunakan jasa ini, pengguna bisa mengiklankan produknya dan mendapatkan daya tarik pembeli yang tinggi.

Ketahui Lebih Dalam tentang Google Adword

Google Adword yang kemudian dikenal dengan nama Google Ads merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Google agar para pemilik usaha bisa memasang iklan di halaman pencarian Google. Hal ini dilakukan berdasarkan sistem kerja Search Engine Optimization (SEO).

Oleh karena itu, para pemilik usaha perlu meningkatkan kualitas website mereka dengan beberapa kata kunci sesuai dengan SEO. Hal ini akan memudahkan halaman iklan untuk tampil di halaman pertama ketika ada sebuah kata kunci yang berhubungan dengan produk. Semakin bagus kualitas SEO maka akan semakin sering pula halaman iklan akan muncul di halaman pertama Google.

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh oleh pemilik usaha ketika menggunakan Google Adword untuk iklan produk. Salah satunya adalah fungsi remarketing. Fungsi ini memungkinkan Google untuk menampilkan iklan kembali kepada pengguna internet yang pernah mengakses iklan yang ditawarkan. Hal ini juga terjadi pada pembeli yang belum membeli produk yang ada di iklan tersebut. Sehingga, intensitas penawaran iklan tersebut akan semakin lebih besar. Tentu saja hal ini akan membuka peluang yang cukup besar bagi para pemilik usaha untuk mendapatkan pembeli baru maupun lama.

Google Adword juga menawarkan target audiens atau sasaran iklan yang lebih spesifik. Pemilik usaha bisa mengatur jangkaun daerah yang ingin iklan tersebut ditampilkan. Sehingga, target audiens akan lebih terencana dengan baik. Lantas, bagaimana proses untuk bisa menggunakan Google Adword.

Prosedur Penggunaan Google Adword untuk Keperluan Marketing

Untuk mendapatkan efektivitas dari jasa iklan yang ada di Google Adword, akan lebih baik jika pemilik usaha mengetahui bagaimana cara membuat sebuah iklan dari Google Adword dan pengoperasiannya. Sehingga, iklan yang dihasilkan dapat digunakan secara efektif.

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh pemilik usaha adalah membuka situs Google Ads. Setelah itu, pengguna bisa membuat akun Google jika belum mempunyai akun di Google. Akan lebih baik jika akun yang digunakan adalah akun yang secara khusus digunakan untuk kepentingan perusahaan.

Langkah selanjutnya adalah memilih Goal atau tujuan dari pembuatan iklan tersebut. Ada tiga jenis Goal yang biasanya disesuaikan dengan kepentingan dari iklan dan jenis perusahaan. Goal pertama cocok bagi usaha yang lebih sering menggunakan telepon untuk komunikasi dengan pembeli. Goal kedua cocok digunakan bagi usaha yang melibatkan tempat fisik. Sedangkan Goal ketiga cocok digunakan untuk usaha yang menggunakan transaksi dengan website perusahaan.

Kemudian, pengguna bisa memilih jangkauan dan kategori dari iklan yang diinginkan. Selanjutnya, pengguna Google Adword bisa membuat copy iklan yang berisi teks iklan yang padat dan informatif. Akan lebih baik jika pengguna bisa menambahkan foto produk untuk menambah informasi pada iklan. Setelah itu, pengguna bisa memilih budget atau besar biaya iklan yang disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Langkah terakhir adalah memilih metode pembayaran yang tepat. Maka, iklan dari Google Adword siap digunakan.

By Kayla